4 Type Kepribadian Manusia

26Jan09

personality1

Pernahkah anda mendengar atau mengetahui tentang 4 Type Kepribadian?

Dari sebuah buku yang saya baca berjudul Personality Plus, dijelaskan ada 4 type kepribadian : Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Phlegmatis. Sanguinis dan Koleris merupakan type kepribadian yang ekstrovert (terbuka, suka buka-bukaan, hehe :-D), Sebaliknya Melankolis dan Phlegmatis merupakan type introvert (tertutup).

Mari kita bahas satu persatu;

Sanguinis

Orangnya terbuka, mempunyai banyak teman, gaul, supel, ramah. Ciri khasnya adalah dimana ada pertemuan, seorang sanguinis adalah yang paling ramai. Prinsipnya : tidak ada sanguinis maka dunia sepi. Seorang sangunis biasanya kalau bertemu, dari jauh pun sudah terdengar suaranya, dan ketika ia mendekat pun, ia akan mengajak bersalaman tangan ataupun mendekati dengan penuh keakraban. Orang ini terlihat selalu gembira, tidak ambil pusing terhadap masalah. Kelemahannya adalah ia kurang atau tidak terorganisir dengan baik, janji sering tidak ditepati atau “jam karet”. Kegiatan seorang sanguinis biasanya banyak sekali,namun tidak terorganisir.

Koleris

Seorang koleris mempunyai kemauan yang sangat kuat sekali dan ngotot untuk mencapai apa yang sudah diinginkannya. Ia mempunyai kemauan yang keras dan kuat, juga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap sekitarnya. Ia kadang sedikit “keras kepala”. Sisi kerasnya ini (ehmm…apanya yang keras ya?:-) , keras kemauan ini bisa jadi positif, namun terkadang bisa juga jadi sisi kelemahan. Seorang koleris kadang tidak mau mengalah, sehingga terkesan sering memaksakan kehendaknya pada orang. Ia merasa ” I can do it Myself”, membuat ia terkadang menjadi berjuang sendiri. Ini bisa jadi kelemahan.

Melankolis

Dari namanya saja, sudah terliat, orang type melankolis ini merupakan type pemikir. Kelemahannya, adalah selalu berpikir, banyak analisa. Type ini merupakan kebalikan dari type Sanguinis. Ia merupakan seorang introvert, alias tertutup. Kekuatannya adalah ia mempunyai daya analisa, terencana. Kelemahannya adalah daya analisanya terkdang membuat jarang bertindak, alias NATO (No Action, Think Only). Kalau temu masalah, orang melankolis sering larut dalam masalah. Ini sisi kelemahannya. Kelebihannya adalah terjadwal dan terorganisir.

Phlegmatis

Type ini merupakan type yang menolong dunia dari peperangan. Kenapa? karena type ini type damai. Ia merupakan seseorang yang menjalani kehidupan dengan damai. Kalau di diskusi, type ini menjadi type penengah, ia tidak akan ambil pusing dengan keadaan sekitar. Mau orang lain sukses, ia tetap biasa saja kalau ia tidak tertarik. Ini merupakan kebalikan type koleris. Kelemahannya, ia terkadang tidak mempunyai motivasi yang tinggi. Kekuatannya adalah ia jarang beradu argumen dengan orang lain, sering mengalah,apalagi dengan koleris.

Termasuk type manakah anda??

ini kiriman e-mail dari Bapak Anton Huang



No Responses Yet to “4 Type Kepribadian Manusia”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: